Humas itu Apa ya...?

        Kawan, bagi seorang pemula, istilah humas (hubungan masyarakat atau public relation) masih terasa asing. Atau, ada pula yang telah mengenalnya , namun belum sampai pada kriteria paham. Ada juga yang mungkin tahu pengertian humas berdasarkan pengalaman yang dia miliki. Apakah melalui organisasi sekolah, maupun organisasi lainnya. Yang disebut terakhir ini bisa jadi hanya kenal humas pada tataran apa yang dia kerjakan semasa dia menjabat menjadi humas. Padahal, seorang humas seharusnya paham terlebih dahulu, apa yang dimaksud dengan humas itu.


      Nah, penasaran kan, pengertian humas itu apa? Oke, di sini akan dipaparkan beberapa pengertian humas.

       Ini dia pengertian humas menurut beberapa tokoh :

        1.humas adalah usaha perencanaan untuk memengaruhi pendapat menjadi karakter yang baik dan tanggung jawab pelaksanaan berdasarkan kepuasan komunikasi dua arah antar sesama.(Scott M. Cutlips and Allen H)

      2. Pelatihan humas direncanakan dan dilakukan usaha yang berkelanjutan dan tetap mendirikan dan memertahankan kemauan yang baik dan pengertian satu sama lain diantara organisasi dan publiknya.(Diane Ackerman)

       3.humas adalah taksiran diri dan Simbol dalam Interaksi berdasarkan pilihan yang lain.(Joye C.Gordon)

      4.humas adalah fungsi manajemen tertentu yang membantu membangun dan menjaga lini komunikasi, pemahaman bersama, penerimaan mutual dan kerja sama antara organisasi dan publiknya.(Rex.F.Harlow)


Kalau ini adalah beberapa pengertian dari situs yang sempat saya baca:

1.humas adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu/ organisasi.(www. wikipedia.org)

2.humas adalah usaha yang dilakukan dan direncanakan untuk menciptakan saling pengertian antara sebuah lembaga dengan masyarakat (Anita Permatasari)

3.humas adalah fungsi manajemen yang mengevaluasi opini, sikap, dan perilaku publik, mengidentifikasi kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur suatu individu atau sebuah organisasi dengan kepentingan publik, dan merencanakan serta melaksanakan program aksi untuk memperoleh pengertian dan dukungan publik (Jurusan komunikasi.blogspot.com)



Trus, kalau untuk bisa lebih memahami tentang humas, kamu bisa juga baca beberapa poin di bawah ini :

1.humas melibatkan manajemen problem atau manajemen isu

2.humas membantu manajemen agar tetap responsif dan mendapat informasi terkini tentang opini public

3.humas mendefinisikan dan menekankan tanggung jawab manajemen untuk melayani kepentingan public

4.humas membantu manajemen tetap mengikuti perubahan dan memanfaatkan perubahan secara efektif. (dalam hal ini, humas sebagai system peringatan dini untuk mengantisipasi arah perubahan (trends))

5.humas menggunakan riset dan komunikasi yang sehat dan etis sebagai alat utamanya



Gimana, sudah mengerti belum.....??? Yah...semoga aja mengerti. Amiiin.




1 Response to "Humas itu Apa ya...?"

Jangan lupa komen di sini ya :-)