About Me


    Muhammad Luqmanul Hakim yang memiliki panggilan “Luqman” lahir di Sumenep, 5 Februari 1990. Lulus sebagai Sarjana S1 di Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam dengan predikat tidak mengecewakan dari Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman Al-Hakim (STAIL) Surabaya, Indonesia.

“Muhammad” adalah nama nabi terakhir umat Islam dan merupakan sosok teladan utama bagi kaum muslimin.  “Luqman” merupakan nama salah satu hamba sholeh yang disebutkan dalam surat ke 31 Al-Quran, yaitu surat Luqman. Sedangkan “Hakim” adalah sebuah julukan yang diberikan kepada hamba sholeh tersebut karena ucapan dan perbuatannya yang penuh hikmah.

Luqman menjalani pendidikan dasar di SD Negeri Guluk-Guluk IV, Sumenep, Madura, lalu dilanjutkan ke SMP Negeri 1 Guluk-Guluk dan menyelesaikan pendidikan wajib 12 tahunnya di SMA Negeri 1 Sumenep. Selama di SMA, Luqman sudah belajar mandiri dengan tidak tinggal di rumah orang tuanya, melainkan tinggal di Pondok Pesantren Hidayatullah Sumenep. Di Pesantren Hidayatullah Sumenep inilah Luqman mempelajari ilmu-ilmu keislaman disamping belajar ilmu-ilmu umum di SMA. Waktu itu ia  bisa merasakan dua "dunia" yang berbeda, dunia sekolah umum dan dunia pondok. Hal itu menjadi pengalaman sangat berharga baginya.

Dunia kampus menjadi wahana pembelajaran yang sangat berharga bagi Luqman.Tidak puas dengan hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang), Luqman bergelut dengan dunia organisasi kampus. Organisasi yang pernah ia ikuti adalah English Club (‘09-‘10), Buletin Jum’at “embun” milik Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Dakwah (‘09-‘10), Lembaga Dakwah Kampus (LDK) STAIL (’09-’10),  Asosiasi Penulis Islam (API) STAIL (’10-’11), dan Ikatan Mahasiswa Hidayatullah Indonesia (IMHI) (’10-’11). Luqman merasa perlu menyibukkan diri di organisasi kemahasiswaan karena baginya, masa-masa tersebut adalah masa-masa keemasan yang tidak boleh dilewatkan. 

Lulus dari kampus tercintanya, Luqman ditugaskan untuk mengikuti Program Kaderisasi Ulama (PKU) di Institut Studi Islam Darussalam (ISID) Gontor, Ponorogo yang diprogramkan selama 6 bulan. Ia bersama 25 peserta lainnya yang berasal dari berbagai daerah dididik untuk menghadapi tantangan pemikiran Islam kontemporer. Tugas akhirnya adalah membuat makalah dengan judul "Kritik atas Teologi Kesetaraan Gender Riffat Hasan".

     Adapun saat ini, sambil menjalani masa penugasan di almamater kampusnya (STAIL Surabaya) dengan ikut membantu menyebarkan sedikit ilmu yang ia miliki, Luqman melanjutkan studinya dengan mengambil  jurusan Ekonomi Syariah di UINSA Surabaya.

Menjadi penulis dan penerjemah adalah cita-citanya. Untuk mendukung cita-citanya tersebut, Luqman membuat blog dengan alamat luqman-online.blogspot.com yang sampai saat ini  menghasilkan kurang lebih 260 postingan.

 Luqman sangat senang untuk saling bertukar informasi dan berdiskusi. Bagi yang mau menghubunginya bisa melalui email: hakimluqman49@gmail.com, akun facebook: facebook.com/luqmanh1, atau melalui handphone dengan nomor 087 753 425 951.

Salam sukses :)

8 Responses to "About Me"

  1. Salam kenal Luqman. Sukses ya.

    BalasHapus
  2. Wa'alaikumsalam..makasuh ya....mari saling mendoakan :)

    BalasHapus
  3. Semoga benar-benar menjadi penulis dan penerjemah handal...

    BalasHapus
  4. tetap semangat dan terus berkarya kak luqman.!!

    BalasHapus
  5. The Power of Thalabul Ilmi: insyaAllah akhi.....mari kita berusaha, berusaha, dan berusaha untuk tetap semangat dan terus berkarya..semoga kita sukses... :)

    BalasHapus
  6. assalamu'alaikum kak luqmanul hakim. alumni sma negeri 1 sumenep juga ya kak? salam kenal :D terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

    BalasHapus
  7. Wa'alaikumsalam. wr.wb. Iya, saya alumni SMA negeri 1 Sumenep juga. Salam kenal juga :)

    Kamu termasuk aktif ya, ngeblog:) . Kalau saya masih belum.

    BalasHapus

Jangan lupa komen di sini ya :-)