Doa Orang-Orang Shaleh

Nabi Saw menemui Anas bin Malik, Ummu Sulaim, dan Ummu Haram (bibi beliau) pada suatu saat di luar waktu shalat fardhu. Beliau bersabda , “Bagaimana meurut kalian jika saya shalat bersama kalian?” Mereka pun menyetujui dan menyambut ajakan itu dengan sangat baik. 

Lalu Rasul Saw meminta Anas berdiri di sebelah kanan beliau dan kedua perempuan tadi di belakang. Kemudian beliau Shalat bersama mereka. Setelah itu, beliau mendoakan mereka untuk kebaikan dunia dan akhirat.

Ummu sulaim RA berkata kepada beliau, “Wahai Rasulullah, berdoalah kepada Allah untuk pembantu kecilmu (Anas bin Malik). Rasulullah pun berdoa untuk Anas. Di antara doa-doanya ialah, “Wahai Allah, perbanyaklah harta dan anaknya serta berkahilah dia” [Muttafaqun ‘Alaih]

Al-Faruq Umar bin Khattab juga pernah berkata, “Saya izin kepada nabi pada waktu hendak umroh. Rasul pun mengizinkan saya dan bersabda, ‘Jangan lupakan kami dalam doamu wahai Umar’. Sungguh perkataan Rasul ini membuatku seolah-olah paling berbahagia di dunia ini [HR. Abu Daud]




NB:
Tulisan di atas merupakan terjemahan dari kitab Silsilatul Adab dengan judul “ Du'aaus Shaalihiin", Thowus dan Doa Orang-Orang Shaleh. Tulisan ini merupakan bagian ke-6 dari sub judul "Adaabu Ad-Du'aa", Adab Berdoa.  Semoga bermanfaat. :-)



Gresik, 5 Juni 2012

0 Response to "Doa Orang-Orang Shaleh"

Posting Komentar

Jangan lupa komen di sini ya :-)