Hadiah Pesta Pernikahan

Ketika nabi Saw menikahi Zainab binti Jahsyin RA, Ummu Sulaim  mengatakan kepada Anas bin Malik bahwa dia ingin mengirim hadiah kepada Rasul Saw.

Anas berkata, "Lakukanlah".   Maka Ummu Sulaim pun menyiapkan kurma, mentega, dan susu. Beliau juga membuat makanan untuk Rasul. Setelah itu, ia meminta tolong Anas bin Malik agar membawanya ke hadapan nabi.

Anas mengambil makanan-makanan tersebut dan pergi menemui Rasulullah Saw. Rasulullah Saw bersabda, "Letakkanlah". Lalu beliau memerintahkan Anas  memanggil sahabat-sahabat beliau untuk memakan makanan tersebut.

Anas pun pergi dan memanggil orang-orang. Tatkala dia kembali ke rumah nabi, tempat itu sudah penuh dengan undangan. Rasulullah kemudian ikut bergabung dan meletakkan tangannya di atas makanan seraya berkata-kata dengan perkataan yang beliau kehendaki. Setelah itu, para sahabat maju sepuluh sepuluh untuk ikut makan bersama beliau. Rasulullah Saw bersabda kepada mereka, " Sebutlah nama Allah. Hendaklah kalian makan makanan yang terdekat". Mereka makan sampai semuanya merasa kenyang. (HR. Bukhari)


NB: Terjemahan dari Kitab Silsilatul Adab, Bab Qashashu adaabil Ad'iyaadi wal Afraahi, sub judul Hadiyatuz Zafaf




Panceng, Gresik, 20 Desember 2012 

0 Response to "Hadiah Pesta Pernikahan"

Posting Komentar

Jangan lupa komen di sini ya :-)