Salam untuk Penghuni Kubur

Pada suatu malam, nabi Saw tidur di rumah Aisyah RA. Sesudah tidur di atas kasur,  beliau berdiri dengan hati-hati dan keluar. Aisyah mengetahui hal itu. Ia pun keluar berjalan di belakang nabi sampai tiba di Baqi' (nama tempat yang merupakan kuburan orang Islam).

Nabi Saw berdiri dalam waktu yang lama.  Beliau mengangkat kedua tangannya dan berdoa sebanyak 3 kali. Setelah itu, beliau kembali ke rumah. Aisyah juga kembali ke rumahnya mendahului nabi, lalu berbaring di atas kasurnya.


Tatkala nabi Saw tiba di rumahnya, beliau mendengar suara nafas Aisyah yang naik turun. Beliau bertanya kepada Aisyah mengapa itu bisa terjadi. Aisyah pun menjawab bahwa ia mengikuti beliau saat keluar menuju pemakaman Baqi'.

Maka Rasulullah Saw mengabarkan bahwa malaikat Jibril telah datang menemuinya dan berkata," Sesungguhnya Rabb-mu memerintahkanmu untuk pergi kepada penghuni kubur di Baqi' dan mintakanlah ampun untuk mereka".

Aisyah bertanya kepada Rasul, "Bagaimana cara saya berdoa untuk mereka wahai Rasulullah?". Rasul menjawab. "Katakanlah: Semoga keselamatan tercurahkan atasmu wahai penghuni kuburan yang beriman. Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada orang-orang yang terdahulu maupun orang-orang yang ada di belakang. Dan sesungguhnya kami akan menyusul kalian. (HR. Muslim)





NB: Terjemahan dari Kitab Silsilatul Adab, Bab Qashashu adaabit Tahiyah sub judul Tahiyatu Ahlil Qubuuri


Panceng, Gresik, 30  Maret 2013

0 Response to "Salam untuk Penghuni Kubur"

Posting Komentar

Jangan lupa komen di sini ya :-)