Larangan Menanyakan Barang Hilang di Masjid

Saudaraku, pernahkah kita kehilangan barang kesayangan kita? Rasa-rasanya semua orang pernah merasakan kehilangan. Nah, dalam agama Islam yang sempurna ini, terdapat ajaran penting bagi kita selaku orang-orang yang menyatakan diri seorang muslim. Islam, dalam hal ini Rasulullah Saw, telah melarang kita untuk menanyakan barang-barang kita yang hilang tersebut di masjid. Sebaiknya kita mencari  dan menanyakannya di tempat yang lain. 
 
Kenapa? Karena dalam rangka untuk menghormati tempat ibadah kaum muslimin. Agar, orang-orang yang sedang beribadah di sana tidak terganggu.  Selain itu, sebagaimana dijelaskan Rasulullah  Saw, karena masjid dibangun bukan untuk dijadikan tempat menanyakan barang-barang yang hilang. 

Mari kita baca bersama-sama sebuah cerita singkat yang saya nukilkan dari kitab silsilatul adab pada bab adab-adab masjid:

Salah seorang  arab badui memiliki unta berwarna merah. Pada suatu hari, unta tersebut hilang. Ia pun mencarinya sepanjang malam tapi tak berhasil menemukannya.


Ketika tiba waktu shalat subuh, seorang arab badui ini pergi ke masjid. Usai nabi dan sahabat  menyempurnakan shalat ia berdiri dan bertanya kepada orang-orang dengan suara yang lantang, “Siapakah yang menemukan unta merah’? (Maksudnya adalah, barangsiapa menemukan untaku yang hilang maka beritahulah aku)

Melihat hal itu Rasululah Saw marah dan berkata kepadanya, “kamu tidak akan menemukannya. Sesungguhnya masjid dibangun bukan untuk itu” (HR. Muslim).

Kemudian Rasulullah Saw menjelaskan kepada para sahabat  bahwa perbuatan mengumumkan atau bertanya tentang barangnya yang hilang di masjid adalah perbuatan yang dibenci. Beliau bersabda, “Barangsiapa yang mendengar seorang laki-laki bertanya tentang barangnya yang hilang di masjid maka katakanlah kepadanya, “Allah tidak akan mengembalikannya kepadamu. Sesungguhnya masjid dibangun bukan untuk ini (bukan untuk dijadikan tempat bertanya barang yang hilang)”. (HR. Muslim)


Panceng, Gresik, 10 November 2013

0 Response to "Larangan Menanyakan Barang Hilang di Masjid"

Posting Komentar

Jangan lupa komen di sini ya :-)