Tumbuhan yang Dibenci

 Dalam  perjalanan pulang dari perang khaibar, kaum muslimin melewati suatu tempat yang terdapat bawang merah dan bawang putih. Waktu itu mereka kelaparan. Maka sebagian dari mereka memakannnya sampai kenyang dan sebagian yang lain tidak. Mereka pun pergi ke masjid.

Sesampainya di masjid, para sahabat yang tidak makan bawang  dipanggil oleh Rasulullah untuk shalat bersamg makan beliau. Adapun sahabat yang makan bawang diakhirkan sampai bau bawang hilang dari mulut mereka.

Usai shalat, nabi Saw bersabda, “Barangsiapa yang memakan tumbuhan yang jelek (baunya tidak enak) maka jangan mendekati  kami yang ada di masjid”.


Tatkala para sahabat mendengar hal itu, sebagian dari mereka mengatakan, “Diharamkan, diharamkan” (Yaitu, diharamkan memakan bawang merah dan bawang putih).

Ketika informasi itu sampai kepada nabi, beliau bersabda kepada mereka, “Wahai manusia! Sesungguhnya saya tidak mengharamkan apa-apa yang dihalalkan oleh Allah. Akan tetapi  (bawang merah dan putih) adalah tumbuhan yang aku tidak menyukai baunya”. (HR. Muslim)



Panceng, 29 November 2013

0 Response to " Tumbuhan yang Dibenci"

Posting Komentar

Jangan lupa komen di sini ya :-)