Ketika Nabi Berlomba Lari dengan Aisyah


Suatu ketika nabi Saw dan istrinya, Aisyah RA terlambat dari rombongan kaum muslimin. Nabi kemudian mengajak Aisyah berlomba lari dengannya. Karena badannya ringan, Aisyah menang.
Beberapa waktu kemudian, berat badan Aisyah RA bertambah dan tak bisa berlari kencang seperti sebelumnya. Nabi Saw mengajaknya berlomba lari lagi. Kali ini, Aisyah RA yang  kalah.
Nabi Saw kemudian menghibur Aisyah RA dengan mengingatkan bahwa dia juga menang pada perlombaan sebelumnya. Beliau  bersabda, “Kemenanganku ini untuk kemenanganmu  yang dulu” (HR. Abu Daud dan Nasai)
Apa yang dilakukan nabi Saw menjadikan Aisyah tidak merasa sedih dan kesal karena dia kalah dalam perlombaan. Ini merupakan cermin akhlak beliau dalam berolahraga yang patut dicontoh.
Ketika  kalah pada perlombaan yang pertama, nabi Saw tidak merasa marah dan sedih. Beliau menunggu hingga datang waktu yang tepat untuk mengalahkan Aisyah. Dan saat  berhasil menang dalam perlombaan yang kedua, beliau tidak terpedaya dan lengah seperti sebagian manusia.


NB: terjemahan dari kitab silsilatul adab pada  bab “Adab dalam Bermain dan Bersenda gurau ” dengan sub judul  “Hadzihi bi tilka”

Surabaya, 4 September 2014

0 Response to "Ketika Nabi Berlomba Lari dengan Aisyah"

Posting Komentar

Jangan lupa komen di sini ya :-)