Adab-adab Tidur

Tidur adalah nikmat yang agung dan termasuk ayat-ayat Allah Swt yang menunjukkan kekuasaan dan kemahasucian-Nya. 

Allah Swt berfirman, "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan" (QS. Ar-Rum: 23)

Tidur adalah aktifitas yang mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Dengan tidur, orang-orang akan mendapatkan ketenangan setelah sebelumnya merasa capek dan memiliki banyak beban. Mereka akan tidur menggunakan waktu yang cukup untuk mengistirahatkan tubuhnya dan memperbarui semangatnya.


Nabi Saw telah menjelaskan kepada kita adab-adab yang akan menjadikan tidur kita menenangkan serta menyenangkan. Dengan melaksanakan adab-adab ini, tidur yang kita lakukan akan menjadi bentuk ketaatan kita kepada Allah Swt serta menjadi ibadah yang berpahala.

Di antara adab-adab tidur adalah berwudhu' sebelum tidur, menyikat gigi, tidur dengan posisi miring ke arah kanan, dan berdoa dengan doa-doa yang diriwayatkan sebelum tidur. 

Dan apabila terbangun ketika tidur karena ada hal yang menakutkan atau merasa sulit tidur, kita dianjurkan menyebut nama Allah (berdzkir) lalu bangun dan shalat - jika hal itu memungkinkan-  lalu tidur kembali. Hal itu dimaksudkan agar tidak bangun kesiangan sehingga  bisa shalat subuh tepat waktu.

Dan jika sudah  bangun dari tidur; hendaknya bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam beramal, dalam mencari rizki serta dalam memakmurkan bumi.




NB: Terjemahan dari Kitab Silsilatul Adab, Bab Qashashu adaabin Nauum sub judul Tamhiid




Panceng, Gresik, 4 Mei  2013

0 Response to "Adab-adab Tidur"

Posting Komentar

Jangan lupa komen di sini ya :-)