Berjalan Menuju masjid

 Bani Salamah tinggal di rumah-rumah yang jauh sekali dari masjid nabawi. Mereka suka dibicarakan karena banyaknya langkah mereka baik saat menuju masjid maupun ketika kembali dari masjid.

Pada suatu hari, Bani Salamah ingin menjual rumah-rumah mereka dan pindah ke tempat yang dekat dengan masjid. Kabar itu sampai ke Rasulullah Saw. Beliau pun memanggil mereka. Beliau bersabda, “Sesungguhnya aku telah mendengar kabar bahwa kalian ingin pindah ke tempat yang dekat dengan masjid”. Mereka menjawab, “Iya wahai Rasulullah. Sungguh kami menginginkan hal itu”.

Beliau bersabda lagi, “Wahai Bani Salamah! Jejak  kalian ditulis  (maksudnya adalah, Tinggallah kalian di rumah-rumah kalian karena Allah menuliskan pahala setiap langkah kalian saat menuju masjid dan ketika kembali dari masjid). Nabi Saw mengulangi perkatan ini hingga 2 kali atau 3 kali.

Beliau juga bersabda, “Sesungguhnya setiap langkah kalian memiliki derajat”

Bani Salamah kemudian membatalkan keinginan mereka untuk pindah rumah dan tetap tinggal di rumah-rumah mereka. Mereka berkata, “Tidaklah pindah rumah itu menyenangkan kami”. (HR. Muslim)



NB: terjemahan dari kitab silsilatul adab pada  bab “Adab di Masjid” dengan sub judul  “Al-Masy-yu ilal Masjidi”.

Panceng, Gresik, 28 Februari 2014

0 Response to "Berjalan Menuju masjid"

Posting Komentar

Jangan lupa komen di sini ya :-)