Masjid Orang-orang Munafik

Abu Amir Ar-Rahib adalah orang yang sangat memusuhi Rasulullah Saw. Tatkala Islam tersebar, ia kabur menuju Negara Romawi dan mengirim utusan kepada beberapa temannya dari kaum munafik untuk memberi kabar kepada mereka dan mengambil keputusan atas mereka. Dan bahwasanaya dia juga akan datang bersama tentara Romawi untuk memerangi nabi Muhammad Saw dan mengusirnya dari Madinah.
 
Maka kaum munafik pun membangun masjid yang mereka jadikan tempat mengatur rencana jahat mereka. Kemudian mereka pergi menemui nabi Saw dan meminta beliau agar shalat di sana. Akan tetapi waktu itu  nabi Saw hendak keluar untuk berperang pada perang tabuk. Beliau pun menunda untuk pergi menuju masjid mereka sampai beliau kembali dari perang.

Allah SWT memberitahu nabi-Nya terkait apa yang diinginkan oleh kaum munafik. Alah berfirman:

 “Dan (di antara orang-orang munafik itu) ada yang mendirikan masjid untuk menimbulkan bencana (pada orang-orang yang beriman), untuk kekafiran, dan untuk memecah belah di antara orang-orang yang beriman, serta untuk menunggu kedatangan orang-orang yang telah memerangi Allah dan Rasul-Nya sejak dahulu. Mereka dengan pasti bersumpah, “Kami hanya menghendaki kebaikan”. Dan Allah menjadi saksi bahwa mereka itu pendusta (dalam sumpahnya)”. (QS. At-Taubah: 107)

Nabi Saw pun memenuhi perintah Allah, yaitu merobohkan masjid itu dan membakarnya.



NB: terjemahan dari kitab silsilatul adab pada  bab “Adab di Masjid” dengan sub judul  “masjidul Munafikin”.


Panceng, Gresik, 28 Februari 2014


0 Response to "Masjid Orang-orang Munafik"

Posting Komentar

Jangan lupa komen di sini ya :-)