Nasehat Rasul di Samping Kuburan

Nabi Saw sering melakukan ziarah kubur. Beliau juga memerintahkan para sahabat untuk melakukan ziarah kubur untuk mengambil i’tibar dan hikmah. Ketika berjalan melalui kubur, beliau bersabda, “Keselamatan atas kalian wahai penghuni kubur dari kalangan mukminin dan muslimin. Dan sesungguhnya kami insyaAllah akan menyusul kalian. Kami memohon kepada Allah agar kami dan kalian mendapatkan ampunan”.


Ketika  menziarahi kuburan sahabatnya; beliau mendoakan mereka, memintakan rahmat dan ampunan kepada Allah untuk mereka.


Pada suatu hari, beliau melewati kuburan. Di sana beliau mendapati seorang perempuan menangis dan berteriak di samping kuburan. Beliau bersabda kepadanya, “Bertakwalah kepada Allah dan bersabarlah”.


Perempuan itu tidak mengetahui bahwa yang mengatakan itu adalah Rasulullah Saw. Dia berkata, “Menjauhlah dariku, sesungguhnya kamu tidak mendapatkan musibah sebagaimana diriku”. Nabi pun berlalu dan meninggalkannya. Lalu dikatakan kepadanya, “Sesungguhnya dia adalah nabi Saw”.


Perempuan itu kemudian berjalan dengan cepat untuk meminta maaf kepada nabi Saw dan berkata, “Saya tidak mengetahui bahwa yang mengatakan tadi adalah engkau”.

Nabi Saw bersabda kepadanya, “Sesungguhnya kesabaran ada pada goncangan yang pertama”. (Muttafaqun ‘Alaih)







NB: terjemahan dari kitab silsilatul adab pada  bab “Adab dalam Memberi Nasehat ” dengan sub judul  “Nasiihatun ‘Indal Qobri”



 Panceng, Gresik, 11 April 2014


0 Response to "Nasehat Rasul di Samping Kuburan"

Posting Komentar

Jangan lupa komen di sini ya :-)