Kehebatan Adu Gulat Rasul

Di Mekah ada seorang laki-laki yang kuat bernama Rukanah. Tak ada seorang pun yang bisa mengalahkannya dalam adu gulat. Pada suatu hari, Rukanah menantang nabi Saw untuk  bergulat dengannya. Dia berjanji akan memberikan nabi seekor kambing jika mengalahkannya. Nabi pun menerima tantangan bergulat dengan Rukanah dan berhasil mengalahkannya. Karena menang, nabi mengambil kambing yang dijanjikan.

Rukanah berkata, “Ulangilah sekali lagi”. Nabi pun bergulat sekali lagi dengan nabi Saw. Nabi menang kembali dan mendapatkan kambing yang kedua.

Rukanah berujar lagi, “Ulangilah sekali lagi”. Nabi kembali melayani permintaan Rukanah untuk bergulat. Nabi kembali menang dan beliaupun mendapatkan kambing yang ketiga.

Rukanah kemudian mengeluh, “Apa yang akan aku katakan kepada keluargaku? Kambing pertama dimakan serigala, kambing kedua kabur. Lalu apa yang akan aku katakan untuk kambing yang ketiga?”

Nabi Saw bersabda, “Saya bergulat denganmu tidak untuk mendapatkan hadiah, ambillah kambing-kambingmu” (HR. Abu Daud)

Nabi Saw menerima tantangan Rukanah dengan tujuan memberinya pelajaran agar tidak menyombongkan diri. Rasul juga mengingatkan Rukanah bahwa ada orang yang lebih kuat darinya, maka hendaklah dia tawaddhu’ dan tidak memamerkan ototnya kepada orang lain.



NB: terjemahan dari kitab silsilatul adab pada  bab “Adab dalam Bermain dan Bersenda gurau ” dengan sub judul  “Al-‘Mushaara’atu”


Surabaya, 16 Agustus 2014



0 Response to "Kehebatan Adu Gulat Rasul"

Posting Komentar

Jangan lupa komen di sini ya :-)