Sedekah Wanita

Pada salah satu hari raya, Nabi Saw Shalat 'ied bersama para sahabat. Beliau memulai shalat sebeum khutbah dilakukan, dengan tanpa didahului adzan dan iqamah.

Tatkala selesai shalat 'ied, nabi Saw berdiri untuk berkhutbah. Beliau memerintahkan para jamaah yang hadir agar bertakwa kepada Allah, taat kepada perintah-Nya, memberi tausiah kepada orang lain, serta mengingatkan mereka jika berbua salah.

Setelah menyelesaikan khutbahnya, Rasulullah Saw pergi ke sebuah tempat yang di sana banyak wanita berkumpul. beliapun memberi tausiah mereka dengan bersabda, "Perbanyaklah kalian bersedekah, sesungguhnya kalian adalah penghuni neraka terbanyak"


Salah seorang dari mereka kemudian berdiri dan bertanya kepada nabi apa penyebab hal demikian. Nabi pun memeberi penjelasan bahwa penyebabnya adalah  banyak mengeluh dan mengingkari kebaikan suami.

Sesudah itu, para perempuan tersebut bersedekah kepada orang-orang di sekeliling mereka dan meletakkan anting serta cincin mereka ke baju bilal untuk disedekahkan kepada orang lain [HR. Muslim].





NB: Terjemahan dari Kitab Silsilatul Adab, Bab Qashashu adaabil Ad'iyaadi wal Afraahi, sub judul Tabarro'u An-Nisa'Panceng, Gresik, 25 November 2012

0 Response to "Sedekah Wanita"

Posting Komentar

Jangan lupa komen di sini ya :-)