Pencari Ilmu

Qabiishah bin Mukhaariq adalah laki-laki  yang sudah tua. Akan tetapi, tuanya umur tidak menghalanginya untut menuntut ilmu.

Pada suatu hari, ia pergi menemui Rasulullah Saw. Tatkala Rasulullah Saw melihatnya, beliau bertanya, “Apa yang menyebabkan kamu datang ke sini?”

Qabiishah menjawab: “Umurku sudah tua, tulangku sudah keropos. Maka saya mendatangi engkau agar engkau mengajariku hal-hal yang Allah akan memberikan banyak manfaat kepadaku.


Rasullah Saw merasa senang atas kegigihan Qabiishah mencari ilmu walau dia sudah tua. Beliau pun bersabda: “Tidaklah saya berjalan melalui batu, pohon, dan batu bata; kecuali mereka memintakan ampun untukmu”.

Rasulullah Saw kemudian mengajarinya hal-hal yang bermanfaat baginya. Beliau bersabda: “Wahai Qabiishah! Jika kamu shalat subuh, katakanlah subhanallaahul ‘adziimi wa bihamdihi (sebanyak 3 kali). Ini akan mencegahmu dari buta , penyakit kusta, dan lumpuh”.

Wahai Qabiishah! Katakanlah; “Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu apa-apa yang berada di sisi-Mu. Cucurlah keutamaan-Mu kepada hamba, sebarkanlah untuk hamba rahmat-Mu, dan turunkanlah kepada hamba Barokah-Mu. (HR. Ahmad)



NB: Terjemahan dari Kitab Silsilatul Adab, Bab Qashashu adaabi Thalabil 'Ilmi, sub judul Thalabul 'Ilmi


Panceng, Gresik, 11 Februari 2013

0 Response to "Pencari Ilmu"

Posting Komentar

Jangan lupa komen di sini ya :-)