Doa yang Dikabulkan

Rasulullah Saw membawa pakaian yang terbuat dari sutera kuning yang sudah disulam. Kemudian beliau bersabda kepada orang-orang yang ada di sekitarnya, “Kepada siapakah kiranya saya pakaikan pakaian ini?” Mereka semua diam, tak ada satu pun yang menjawab.
Nabi Saw lalu bersabda, “Datangkan kepada saya Ummu Kholid”.

 Keluarga Ummu Kholid pun segera mencarinya dan membawanya kehadapan nabi. Ummu Kholid adalah seorang anak perempuan kecil. Dia dilahirkan di negeri Habsyah, yaitu ketika kedua orang tuanya pergi ke sana demi menghindari siksaan musyrikin dari suku Quraisy.

Tatkala melihatnya, nabi Saw mengambil pakaian di tangannya dan memakaikan kepadanya. Beliau berkata kepadanya sambil bercanda, “Wahai Ummu Kholid, pakaian ini bagus, pakaian ini bagus”. 

Ummu Kholid merasa senang atas perlakuan nabi Saw dan dia berputar-putar di sekeliling beliau. Dia meletakkan tangannya di atas bahu beliau. Ayahnya berusaha mencegah apa yang dia lakukan, akan tetapi dilarang oleh nabi. 

Beliau bersabda, “Biarkanlah dia”. Nabi Saw kemudian berkata kepada Ummu Kholid, “Pakailah pakaian ini sampai usang dan lapuk, pakailah pakaian ini sampai usang dan lapuk”.

Apa yang nabi lakukan adalah doa agar Ummu Kholid panjang umurnya. Karena sesungguhnya barangsiapa yang panjang umurnya maka pakaiannya akan usang. (HR. Bukhori).



NB: terjemahan dari kitab silsilatul adab pada  bab “Adab dalam Berpakaian ” dengan sub judul  “Ad-Du’a wa al-Maqbuulu ”


Surabaya, 5 Januari 2016


0 Response to "Doa yang Dikabulkan"

Posting Komentar

Jangan lupa komen di sini ya :-)