Adab dalam Bersuci

Islam adalah agama kesucian dan kebersihan. Kesucian sendiri adalah perkara yang sangat penting dalam agama ini karena merupakan sahnya shalat yangg dilakukan. Nabi Saw bersabda, “Kunci shalat adalah kesucian” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Islam memperhatikan para pengikutnya agar senantiasa berada dalam kesucian, baik suci secara dzahir atau batin. Maka agama kita adalah agama yang mengajarkan tentang kesucian, kejernihan, dan kebersihan serta mendorong pengikutnya untuk menjaga kesehatan.

Dengan bersuci masyarakat dan lingkungan terjaga dari berbagai penyakit, kelemahan, dan kepayahan. Karena membersihkan anggota wudhu’ dan membersihkan badan secara berulang-ulang akan menjaga manusia dari zat-zat kotor.

Allah berfirman, “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang menyucikan diri” (QS. Al-Baqarah: 222).

Allah juga memuji ahli masjid. Dia berfirman, “Di dalamnya terdapat orang-orang yang suka menyucikan diri, dan Allah mencintai orang-orang yang menyucikan diri” (Qs. At-Taubah: 108).

Buku ini akan mengajarkan kita berbagai adab-adab yang berhubungan dengan kesucian dan menganjurkan seorang muslim agar senantiasa menjaga kesuciannya.


NB: terjemahan dari kitab silsilatul adab pada  bab “Adab dalam Bersuci ” dengan sub judul  “Tamhiid ”




Surabaya, 8 Januari 2016








0 Response to "Adab dalam Bersuci"

Posting Komentar

Jangan lupa komen di sini ya :-)