Hadiah yang Ditolak Nabi

Umar bin Khattab RA berjalan-jalan di pasar. Di sana dia melihat sebuah pakaian bagus yang membuatnya takjub. Umar pun membelinya untuk dia jadikan hadiah kepada nabi Muhammad Saw. Dia berharap nabi Saw memakainya ketika menerima delegasi atau saat hari Jum’at.
 
Tatkala nabi Saw melihatnya dan mengetahui bahwa pakaian tersebut terbuat dari kain sutera yang Alah haramkan atas laki-laki, maka beliau bersabda, “Sesungguhnya yang memakai pakaian ini adalah orang yang tidak punya akhlaq”.

Nabi Saw kemudian memberikan pakaian itu kepada Umar.

Umar merasa keheranan lalu berkata, “Bagaimana mungkin saya mengambil pakaian ini wahai Rasulullah dan engkau telah menerangkan begini dan begitu mengenai pakaian ini?”

Nabi Saw menjawab, “Saya memberikannya kepadamu agar kamu menjualnya atau kamu berikan kepada orang lain yang tidak dilarang memakainya”.

Umar kemudian beranjak pergi dan memberikan pakaian itu kepada saudaranya yang musyrik dalam rangka melaksanakan perintah nabi Saw”. (HR. Bukhari)




NB: terjemahan dari kitab silsilatul adab pada  bab “Adab dalam Berpakaian ” dengan sub judul  “Al-Hadiyatu al-Marduudatu ”


Surabaya, 7 Januari 2016







0 Response to "Hadiah yang Ditolak Nabi"

Posting Komentar

Jangan lupa komen di sini ya :-)