Pakaian dan Keindahan

Nabi Saw duduk di antara para sahabatnya. Beliau mengajarkan salah satu akhlak Islam agar mereka memperoleh kebahagiaan di dunia maupun akhirat. Akhlak yang dimaksud adalah sifat tawadhu’.

Beliau Saw bersabda kepada mereka, “Tidak akan masuk surga orang yang di dalam hatinya terdapat sifat sombong walau seberat dzarrah”. 

Salah satu sahabat nabi takut akan hal itu. Dia menyangka terjatuh pada kesombongan jika memperhatikan pakaian atau sandalnya. Dia pun berkata kepada nabi Saw, “Jika ada seorang laki-laki menyukai pakaian dan sandal yang bagus, apakah dalam dirinya terdapat kesombongan?”

Nabi Saw kemudian menjelaskan kepadanya bahwa jika ada seseorang memperhatikan pakaiannya, maka Allah akan mencintainya. Karena Allah adalah zat Yang Maha Indah dan suka agar hamba-hamba-Nya berada dalam keindahan.

Nabi Saw bersabda, “Sesungguhnya Allah adalah zat Yang Maha Indah, dan Dia menyukai keindahan”.

Beliau Saw kemudian menjelaskan pengertian yang benar tentang kesombongan dengan sabdanya, “Kesombongan adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia” (HR. Muslim)


NB: terjemahan dari kitab silsilatul adab pada  bab “Adab dalam Berpakaian ” dengan sub judul  “Ats-Tsaubu Wal Jamaalu ”



Surabaya, 4 Januari 2016




0 Response to "Pakaian dan Keindahan"

Posting Komentar

Jangan lupa komen di sini ya :-)