Tidur di depan Manusia


Seorang raja menikahi putri raja lainnya. Putri tersebut memiliki akhlak yang baik serta wajah yang sangat cantik.


Pada suatu malam, sang Raja ngobrol dengan istrinya sampai larut malam hingga tertidur. Istrinya meninggalkannya dalam keadaan tidur. Ia keluar dengan hati-hati agar suaminya tidak bangun.


Ketika raja itu bangun, ia tak mendapati istrinya di sampingnya. Mengetahui itu, ia sangat marah. Ia memanggil istrinya dan berkata, "Kenapa kamu meninggalkan saya sewaktu tidur?"



Istrinya berkata, "sesungguhnya saya telah diajari oleh ayah saya agar saya tidak duduk bersama orang-orang yang tidur, dan agar saya tidak tidur sementara orang lain duduk di dekat saya"




NB: Terjemahan dari Kitab Silsilatul Adab, Bab Qashashu adaabin Nauum sub judul An-Naumu  amaaman naasi

 

Surabaya, 16 Juli 2013

0 Response to "Tidur di depan Manusia"

Posting Komentar

Jangan lupa komen di sini ya :-)