Kucing yang Mana?

       Meskipun Nasrudin hanyalah laki-laki miskin, tapi ia sangat menyukai ikan yang pada waktu itu harganya sangat mahal. Untuk bisa membeli ikan, ia menabung sejumlah uang selama 3 bulan. Setelah dirasa cukup, ia pergi ke pasar dan membeli ikan seberat 2 kilogram.
     Ia pun membawa ikan-ikannya ke rumah. Sesampai di rumah, ia berkata kepada istrinya, "Sayangku, baru saja aku membeli 2 kilogram ikan. Saya akan mengundang teman-temanku untuk makan malam di sini. Mereka juga sangat menyukai ikan sebagaimana kita. Mereka telah seringkali mengundang kita makan, sedangkan kita belum pernah mengundang mereka. Jadi, masaklah ikan itu dan saya akan mengundang mereka".
     Pada pukul tujuh malam, Nasrudin kembali ke rumah dengan membawa teman-temannya. Nasrudin mengajak mereka ke meja makan. Namun alangkah terkejutnya Nasrudin, karena di atas meja tidak ada seekor ikan pun.
     "Siapa yang telah makan ikan-ikan itu?" Tanya Nasrudin kepada istrinya.
    "Siapa lagi kalau bukan kucingmu yang rakus?" Jawab istrinya.
    Nasrudin merasa sangat malu kepada teman-temannya. Tidak ada ikan dalam menu makan malam mereka, padahal ia sudah berjanji sebelumnya.
    Sesudah teman-temannya pulang, Nasrudin menangkap kucingnya kemudian membawanya ke warung terdekat. Di sana ia timbang  berat badan kucing tersebut dengan hati-hati. Ternyata berat kucingnya 2 kilogram. Ia terlihat bingung mengetahui hal itu. Setelah berterima kasih kepada pemilik warung, ia pun pulang menemui istruinya.
    Ia berkata kepada istrinya, "Ikan-ikan yang kita beli itu beratnya 2 kilogram. Kamu bilang ikan-ikan itu dimakan oleh kucing". 
   "Ya benar", jawab istrinya.
    "Saya baru saja mengukur berat badan kucing itu. Beratnya hanya 2 kilogram. Jadi, ikan-ikan seberat 2 kilogram tidak mungkin ada di dalam perut kucing yang beratnya juga 2 kilogram. Jadi kucing yang kamu maksud kucing yang mana?" Tanya Nasrudin kepada istrinya dengan nada marah.










Catatan: Tulisan ini merupakan terjemahan dari buku berjudul " Nasrudin The Clever Man"

Ponorogo, 8 Oktober 2011


0 Response to "Kucing yang Mana?"

Posting Komentar

Jangan lupa komen di sini ya :-)