Adab-adab dalam Berkunjung


Berkunjung ke tempat orang lain merupakan perkara yang wajib dilakukan oleh setiap muslim,  ketika terdapat peristiwa yang menyenangkan atau menyedihkan.

Rasulullah Saw bersabda,”Permisalan orang-orang yang beriman dalam kasih sayang, saling mencintai, dan saling menaruh simpati adalah seperti tubuh. Jika salah satu anggota tubuh mengeluh, maka seluruh anggota tubuh yang lain ikut merasakan” (HR. Muttafaqun ‘Alaih)


Berkunjung ke tempat orang lain memiliki pahala yang agung di sisi Allah Swt. Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya Allah Swt berfirman,”Sungguh cinta-Ku diperuntukkan kepada orang-orang yang saling mencintai karena Aku. Dan sungguh cinta-Ku diperuntukkan kepada orang-orang yang saling mengunjungi karena Aku” (HR. Ahmad).

Berkunjung ke tempat orang lain bisa berupa kunjungan pada acara yang menyenangkan, peristiwa menyedihkan, mengunjungi orang sakit, ziarah kubur, dan lain-lain. Pada setiap macam-macam kunjungan ini memiliki adab-adab khusus.

Kisah-kisah ini (yang kami ceritakan) terkumpul di dalamnya banyak sekali adab-adab ketika berkunjung, di mana setiap muslim seyogyanya mengetahuinya.



NB: Terjemahan dari Kitab Silsilatul Adab, Bab Qashashu adaabiz Ziyaarah sub judul At-Tamhiidu



Panceng, Gresik, 5 April  2013

0 Response to "Adab-adab dalam Berkunjung"

Posting Komentar

Jangan lupa komen di sini ya :-)