Kepayahan dalam Bekerja

Ali bin Abi Thalib RA menikahi Fatimah binti Rasulullah Saw. Dalam kesehariannya, Fatimah menggiling tepung dengan alat penggiling di rumah suaminya sampai  kelelahan.

Ali kemudian menyuruhnya menghadap Rasulullah Saw untuk meminta seorang pembantu yang akan membantu meringankan pekerjaan rumahnya. 

Fatimah pun pergi menemui Rasulullah Saw. Akan tetapi ia malu meminta-minta kepada beliau (Rasulullah Saw). Fatimah akhirnya kembali ke rumah.

Setelah itu, Fatimah kembali kepada Rasulullah Saw kedua kalinya. Kali ini, ia ditemani Ali, suaminya. Mereka berdua mengadu kepada Rasul akan banyaknya pekerjaan mereka serta rasa capek yang luar biasa. mereka berdua meminta kepada Rasul agar memberi mereka pembantu.


Maka Rasulullah Saw bersabda kepada keduanya, "Maukah kalian berdua saya berikan sesuatu yang lebih baik dari apa yang kalian minta?" Mereka menjawab, "Iya".

Rasul melanjutkan, "Ada beberapa kalimat yang Jibril ajarkan kepada saya, yaitu setiap shalat membaca tasbih 10 kali, tahmid 10 kali, dan takbir 10 kali. Atau jika kalian mau yang lebih baik, bacalah tasbih 33 kali, tahmid 33 kali, dan takbir 34 kali." (HR. Ahmad)




NB: Terjemahan dari Kitab Silsilatul Adab, Bab Qashashu adaabil 'Amal, sub judul Masyaqqatul 'Amal



Panceng, Gresik, 6 Maret 2013

0 Response to "Kepayahan dalam Bekerja"

Posting Komentar

Jangan lupa komen di sini ya :-)