Memulai Upaya Wujudkan Mimpi

       Sobat…….

      Dua bulan lalu, yaitu tepatnya tanggal 25 Agustus 2011, saya pernah menulis di blog ini dengan judul : “Sobat…Ini Tentang Mimpi”. Dalam tulisan tersebut saya berusaha menyemangati diri untuk meraih mimpi saya, yaitu menjadi penerjemah. Dan, sebagai upaya nyata yang akan saya lakukan adalah menerjemahkan kitab “Silsilatul kitab”. Dalam proses penerjemahan ini saya rencananya akan menulis sedikit demi sedikit, dan hasil terjemahan tersebut akan saya posting di blog ini. Itulah inti tulisan saya waktu itu.

         Namun seiring waktu, ternyata harapan dan rencana tersebut tak kunjung terlaksana. Banyak hal yang membuat diri ini “menyerah” pada keadaan sehingga upaya yang nyata yang hendak dilakukan tak kunjung terpenuhi. 

        Dua bulan. Ya, dua bulan. Tepatnya dua bulan lebih 8 hari terhitung sejak tanggal 25 Agustus 2011 sampai hari ini. Saya tak kunjung melaksanakan apa yang saya rencanakan. Tentu ini bukanlah waktu yang singkat. 

      Namun,
-->saya tetap berusaha untuk optimis. Dan, sebagai bukti usaha  tersebut, sekarang saya akan poting hasil terjemahan yang sangat sedikit. Sedikit tak mengapa. Yang penting ada upaya yang dilakukan. Kalau istiqomah, dari yang sedikit akan menjadi banyak, akan menjadi bukit.  Dan, akan menebar selaksa manfaat. InsyaAllah.
    Sebagaimana saya jelaskan dalam tulisan terdahulu, bahwa kitab “Silsilatul Adab ini terdiri dari beberapa bagian yang ditulis oleh ulama yang berbeda. Nah, hasil terjemahan di bawah ini adalah pendahuluan dari bagian kitab yang pertama. Bagian yang pertama ini berjudul “Qoshosu Aadaabillaah (قصص آداب الله)”. Artinya adalah cerita-cerita berkaitan dengan adab kepada Allah. Adapun penyusun bagian pertama dari kitab ini adalah Abdul Aziz Sayyid hasyim.  Saya berharap, apabila sobat sekalian menemukan ada kejanggalan dan kesalahan terjemahan, mohon kalau berkenan bisa menegur dan mengoreksi. Saya akan sangat berterima kasih.
    Baiklah, inilah hasil terjemahan saya yang berupa pendahuluan. Semoga bermanfaat.

Pendahuluan

            Allah SWT telah menciptakan kita dan memberikan kita nikmat yang teramat agung dan tak terhitung. Ia mengetahui semua gerak-gerik kita. Ia senantiasa mendengar apa yang kita bicarakan dan melihat apa yang kita perbuat. Ia juga mengetahui apa yang kita sembunyikan dan kita rahasiakan. Ia Maha Lembut terhadap kita dan maha Penyayang terhadap semua ciptaan-Nya. Ia juga Maha Suci lagi Maha Kuat dan memiliki siksa yang pedih. Ia menghitung semua amalan makhluq-Nya dan memberikan pembalasan atas   apa yang mereka  kerjakan.
     Dan kewajiban kita terhadap Allah adalah memilki adab yang baik terhadap-Nya. Seperti selalu melaksanakan ibadah dengan ikhlas, bersyukur atas nikmat-nikmat-Nya yang sangat banyak dan segala karunianya yang teramat agung, malu kepada-Nya untuk bermaksiat, menaati semua perintah-Nya, bertaubat dengan taubat yang sebenar-benarnya, memperbaiki tawakkal dan kepasrahan atas-Nya, mengharapkan rahmat-Nya dan takut terhadap siksa-Nya.
     Dan di bawah ini adalah sebagian dari adab-adab yang akan menjadi hiasan bagi seorang muslim dalam hubungannya dengan Allah SWT.


Ponorogo, 2 November 2011





0 Response to "Memulai Upaya Wujudkan Mimpi"

Posting Komentar

Jangan lupa komen di sini ya :-)